Selasa, 20 Maret 2012

Group band ungu

Perjalanan Karir UngU

Stand: Rowman, Makki, Enda
Duduk: Onci dan Pasha
Ungu (Purple) dibentuk pada tahun 1996. pendiri adalah Ekky (gitar) dan kemudian anggota I'ts adalah Michael (vokal), Makki (Bass), Gatot (Keyboard) dan Pasha Van derr Krabb (drum). Pada tahun 1997, saat Ungu siap melakukan, Pasha Van derr Krabb "menghilang" dan posisinya digantikan oleh Rowman. Enda yang sebelumnya adalah roadies Ekky juga bergabung dengan Ungu. Michael, sang vokalis, juga memutuskan untuk keluar dari band ini tanpa alasan jelas. Kemudian, posisinya digantikan oleh yang lain "Pasha", Sigit Purnomo Syamsudin Said. (Tentu saja ini dua "Pasha" tidak baik saudara kandung). :-D
Ungu pernah mengisi dua lagu di album Back to top dengan Lakuna, Borneo, Piknik, dan Energy. Dua lagu yang "Hasrat" dan "Bunga". Pada tahun 2000, Ungu mulai mempersiapkan album pertama mereka, yang akhirnya dirilis 6 Juli 2002 bertajuk Laguku. Setelah dirilis, album ini telah terjual 150.000 kopi di pasar. Meski terbilang sukses, album ini baru saja mendapat Platinum Award setelah hampir dua tahun dirilis.
Ketika akan memasuki "dapur rekaman" untuk album kedua, Ekky memutuskan keluar. Oncy yang baru saja meninggalkan band Funky Kopral dipilih untuk menggantikan Ekky. Para Ungu kedua album, Tempat Terindah, dirilis pada Desember 2003. Album ini mengandalkan "Karena Dia Kamu" sebagai single pertama dan "Suara Hati" dipilih sebagai single kedua. Hanya empat bulan sejak dirilis, penjualan album telah mencapai 80.000 eksemplar. Jumlah yang begitu signifikan jika dibandingkan dengan album pertama.
Para Melayang Album dirilis Desember 2005. Dalam album ketiga mereka dengan hits single "Demi Terbalik", Ungu mendapat double platinum. Hits "Demi Terbalik" memberikan mereka untuk menjadi MTV Artist eksklusif pada Desember 2005. Tampaknya gema dari "Demi Terbalik" yang menyapu ke negara Jiran, Malaysia. Empat perusahaan berebut untuk mendapatkan rilis label tepat di sana. SRC, perusahaan yang host Siti Nurhaliza akhirnya keluar sebagai pemenang.
Ungu mengeluarkan mini album untuk menyambut Ramadhan 1427 H berjudul Surga-Mu, dirilis September 2006. Hanya dalam waktu sepuluh hari sejak rilis mini album Surga-Mu, telah terjual sebanyak 150.000 eksemplar. Bahkan Wakil Presiden Yusuf Kalla penghargaan 'Inspiring' untuk album Surga-Mu. Sayangnya, saat hendak menerima penghargaan di Istana Wakil Presiden, Ungu mengenakan setelan jas dengan jeans ditolak masuk ke Istana, dengan alasan pakaian yang sesuai dengan Istana diutamakan.
Dalam Penghargaan MTV Indonesia 2006, Ungu masuk tiga nominasi, Kelompok Most Favorite / Band / Duo, Best Director "Demi Terbalik" (Abimael Gandy), dan Video of the Year "Demi Terbalik".
Ungu dengan dukungan "A Mild Live Productions" dan "Trinity Optima Productions" membuat buku biografi. Buku itu diberi judul "A Mild Live Ungu Book Magazine" itu diluncurkan pada Kamis, Mei 10, 2007, di Jakarta. Dicetak sebanyak 40.000 eksemplar, buku tersebut berisi rincian biografi personil masing-masing Ungu itu, discography, foto, dan bahkan chord lagu-lagu Ungu.
Ungu juga sering terlibat dalam pembuatan soundtrack. Ungu pernah menyumbangkan lagu untuk film Buruan cium Gue yang bentuknya dilarang untuk melepaskan (karena dianggap terlalu vulgar). : | Ungu juga menyumbangkan 3 lagu untuk film "Coklat Stroberi" dan dua lagu baru, "Disini Untukmu" dan "Sahabatku", dan termasuk lagu "Berjanjilah" dari album ketiga mereka, Melayang.
Dalam "SCTV Music Awards 2007" acara di Town Hall Sidang Jakarta (JHCC), Ungu mendapat empat victorys. Album Surga-Mu yang diproduksi oleh Trinity / Prosound membawa Ungu menjadi penerima penghargaan dari "Album Agama", "Song Paling Populer" dan "Most Popular Video Clip" untuk lagu "Andai Kutahu". Sedangkan Melayang dengan hits "Tercipta Untukmu" memenangkan kategori "Pop Rock Duo / grup Album".
Ungu merilis lagi album keempat rutin mereka berjudul Untukmu SELAMANYA. Album ini diluncurkan di empat negara sekaligus, yaitu, 9 Agustus 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Agustus 2007 di Singapura, 12 Agustus 2007 Hongkong dan puncaknya pada tanggal 15 Agustus 2007 di Jakarta, Indonesia. Lagu hits di album ini antara lain, "Kekasih Gelapku", "Cinta Dalam Hati", "Apalah Arti Cinta" dan "Ijinkan Batman".
Selamat datang Ramadhan 1428 H, Ungu merilis album agama lagi yang berbentuk mini album bertajuk Para Pencari-Mu. Dalam album, Ungu berkolaborasi dengan ustadz Jeffry Al Buchori. Album ini hanya berisi lima lagu, termasuk "Para Pencari-Mu", "Sembah Sujudku", "Surga Hati", "Sesungguhnya", dan "Tuhanku". Sebelum mini album ini dirilis, tiga dari lima lagu telah terpilih sebagai soundtrack sinetron agama yang ditayangkan selama Ramadhan n.
Dari tahun ke tahun, Ungu selalu identik dengan lagu-lagu cinta. Meskipun mereka membawa Pop Rock sebagai aliran mereka, tetapi melodi yang dihasilkan band ini membuat lagu mereka terkesan romantis. Tak heran jika kebanyakan fans mereka, Ungu Cliquers, adalah wanita.

Discography :
Studio’s Album :
Religion’s Album :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar